Minggu, 14 Oktober 2012

Mari Bicara Sastra!


Bicara sastra berarti bicara tentang sebuah karya atau karya-karya. Di era teknologi informasi ini, hampir bisa dikatakan setiap orang bisa bersinggungan dengan sastra. Meskipun sastra cenderung identik bagi mereka yang sudah lama berkecimpung di dunia karya sastra (pegiat seni, pegiat sastra, budayawan, seniman, dll). Tetapi di era sekarang, tidaklah salah jika orang awam (orang kebanyakan) yang juga bisa saja menghasilkan karya sastra, berbicara tentang sastra.

Karya sastra yang dimaksud di sini lebih fokus pada sastra tulis : puisi, cerpen, dan novel. Meskipun bicara sastra bisa mencakup hal yang sangat luas : sejarah, jenis dan macamnya, tokoh-tokohnya, dan sebagainya.

Bagi orang awam, bicara sastra bisa dimulai dari hal-hal yang sederhana. Hal-hal yang dirasa, dialami, dan ditemui dalam keseharian. Seiring berjalanannya waktu, dan seiring talenta menulis yang terus diasah, seseorang bisa mempelajari, sedikit demi sedikit, teori sastra dari teori yang sederhana sampai teori yang lebih tinggi.

Sebuah awal, sesederhana apapun memiliki makna yang sangat istimewa. Daripada tidak melangkah karena takut, gamang, dan sebagainya.

Mari bicara sastra!
Banyumas, 14 Oktober 2012
Agus Pribadi

1 komentar:

  1. Playtech, Paddy Power, and more. - MJhub
    The technology 김해 출장샵 company also announced in February that it 화성 출장샵 had been fully licensed by the Malta Gaming 성남 출장안마 Authority 김제 출장안마 and 충청남도 출장안마 the UK Gambling Commission. This means that

    BalasHapus